Seberapa baik Anda memberikan fasilitas penginapan, tetapi ada satu hal yang tidak dapat diabaikan: pendapat subjektif pelanggan. Pemilik penginapan atau host seperti Airbnb dan RedDoorz harus dapat mengatasi keluhan tamu dengan baik.
- Anda menawarkan fasilitas lengkap, tetapi itu tidak selalu sempurna karena tamu berasal dari berbagai latar dan punya keinginan berbeda
- Anda harus mengantisipasi tamu perfeksionis dan kritis karena mereka bisa saja memberikan review buruk
Dalam situasi tertentu, Anda perlu mengatasi keluhan tamu dengan tenang dan bijaksana. Kritik mereka akan membantu pengembangan bisnis penginapan Anda menjadi lebih baik. Lewat artikel ini, kami ingin memberikan contoh komplain tamu di Airbnb dan RedDoorz dan solusinya untuk host terapkan.
1. Kualitas kamar tidak sesuai tampilan aplikasi

Masalah kualitas kamar adalah keluhan umum pertama yang cukup sering menjadi alasan kekecewaan tamu. Tentu saja, hal ini tidak dapat dianggap sepele. Pelanggan mengetahui kondisi kamar berdasarkan foto yang mereka lihat pada aplikasi Airbnb.
Untuk mencegah keluhan semacam ini, ada baiknya Anda memberikan gambar kamar yang sebenarnya, lengkap dengan keterangan tambahan untuk menghindari kesalahpahaman.
Baca juga: Deep Cleaning Pengertian dan Contoh di Rumah
2. Masalah pada kebersihan kamar

Beberapa pemilik penginapan di Airbnb harus memastikan bahwa kamar yang akan ditempati sudah dalam keadaan rapi dan bersih. Ini merupakan standar pelayanan yang membuat tamu merasa dihargai.
Kamar sering disewa banyak pelanggan. Anda harus menggunakan jasa profesional untuk membuat pekerjaan bersih-bersih berjalan lancar
- Bantuan jasa general cleaning service King House pilihan terbaik untuk membersihkan ruangan dengan sempurna
- Bersih tuntas sampai ke spot terkecil
- Staf berpengalaman sehingga kerja lebih cepat dan efisien
Kamar yang bersih memberikan kenyamanan kepada tamu. Tidak ada lagi keluhan. Mereka justru mendapatkan kesan positif dan tidak ragu untuk menuliskan ulasan baik yang akan meningkatkan citra merek Anda.
3. Tidak tersedia layanan laundry

Tamu menginap selama 2-3 hari atau lebih tetapi tidak tahu cara membersihkan pakaiannya. Ini menjadi keluhan tambahan dari para tamu karena host Airbnb dan RedDoorz tidak menyediakan layanan jasa laundry.
Tidak enak rasanya melihat para tamu Anda menjadi kerepotan di tengah liburan mereka untuk membawa pakainan kotor untuk dicuci. Untuk memberikan kenyamanan kepada tamu Anda, Anda dapat mengandalkan jasa King House yang siap menjemput laundry dari penginapan Anda.
Tidak hanya itu, kami juga menyediakan jasa laundry dan pembersihan menyeluruh untuk kamar Anda. Dengan demikian, host dapat merasa tenang dan percaya diri dalam menawarkan propertinya kepada wisatawan.
4. Staf tidak mampu menjelaskan kendala pelayanan

Keluhan tamu lainnya yang sering ditemukan adalah staf Anda tidak tahu cara menangani komplain tamu di front office. Tentu saja, ada hal-hal teknis yang ditemukan seperti kendala pembayaran, ketidaksesuaian fasilitas kamar dari iklan dan sebagainya.
Staf penginapan perlu memberi penjelasan memuaskan tanpa mencoba mengalihkan permasalahan. Jika tidak, tamu yang mengeluh, siap memberikan review buruk terhadap kualitas pelayanan penginapan Anda.
5. Stock amenities habis

Stok amenities di kamar telah habis. Sabun dan shampoo di kamar mandi juga telah habis. Sandal kamar tidak tersedia. Ini adalah hal umum yang kadang-kadang diabaikan oleh host Airbnb dan RedDoorz. Tidak jarang tamu mengeluarkan keluhan mereka melalui media sosial. Hal ini tentu dapat merusak citra penginapan Anda.
Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat mengandalkan King House untuk memperbarui barang-barang amenities pada properti Anda. Kami memastikan semua stock amenities tersedia lengkap. Tidak akan lagi ada keluhan tamu tentang produk habis seperti sabun dan shampoo. Kami juga siap untuk menjaga kebersihan kamar mulai dari selimut, sprei, dan sebagainya.
Cara mengatasi keluhan tamu penginapan
Setelah Anda mengetahui contoh komplain tamu, maka sekarang membahas cara mengatasinya. Berikut ulasannya.
- Tetaplah berempati kepada tamu yang kecewa. Anda mungkin merasa tersinggung terhadap komplain tamu, tetapi Anda harus meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Tetap bersikap ramah dan tenang dalam mengatasi keluhan mereka
- Jangan ragu untuk menggunakan jasa profesional untuk mengatasi masalah kebersihan. Anda tentu tidak dapat mengerjakan banyak hal dalam sekali waktu sehingga bantuan profesional seperti King House Cleaning akan sangat efektif untuk mengatasi keluhan tamu tentang kebersihan
- Ambil tindakan ketika ada masalah yang terjadi. Ketika tamu menyampaikan masalah terkait fasilitas atau gangguan teknis, segera periksa. Langkah awal ini akan membuat tamu merasa tenang. Sekalipun solusinya tidak akan terjadi pada waktu itu juga, tetapi tamu Anda akan mengapresiasi niat dan langkah kecil Anda.
